selamatdatang di blognya mohak super.....

Senin, 01 Februari 2010

Diposting oleh mamdhuh

Pengertian Dan Fungsi Motherboard


FUNGSI MOTHERBOARD

Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya.
Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.
Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.

Perkembangan Motherboard

Pada akhir tahun 1980-an dan selama dekade 1990-an, pasar prosesor untuk PC didominasi oleh Intel. Ada beberapa perusahaan prosesor untuk PC, tetapi pengaruh mereka kalah jauh dibanding Intel. Lagi pula rata-rata prosesor buatan mereka masih mengambil desain x86 buatan Intel juga.
Mulai akhir tahun 90-an dan awal tahun 2000, kondisi tersebut berubah. Pasar prosesor tidak lagi terlalu tergantung pada Intel, karena pesaing mereka, AMD, mengeluarkan prosesor K6-2 dan Athlon yang ternyata mampu bersaing dengan prosesor buatan Intel.
Dan di tahun itu pula sebuah industri penghasil chipset asal Taiwan, VIA Technologies, juga telah mampu membuat chipset yang berkualitas dan berharga murah. Para produsen motherboard tidak lagi tergantung pada Intel untuk merancang dan membuat motherboard mereka, sehingga perkembangan teknologi dan desain motherboard mengalami peningkatan yang sangat pesat.
Selain itu, demam overclocking juga turut menyumbangkan peranan dalam perkembangan dunia motherboard. Para produsen motherboard berlomba-lomba mengeluarkan motherboard yang dirancang mampu memberikan tingkat overclock yang tinggi, tapi tetap mampu menjaga kestabilan sistem. Pokoknya, kalau ada motherboard yang tidak bisa digunakan untuk meng-overclock prosesor dan memori, maka hampir dapat dipastikan motherboard tersebut kurang laku di pasaran.

Berikut ini daftar produsen Motherboard :
ASUS
ABIT
ECS
GIGABYTE
MSI

ISTILAH-ISTILAH PADA MOTHERBOARD

1. BIOS

Singkatan dari Basic Input/Output System. Merupakan kumpulan informasi motherboard dan juga merupakan software berisi perintah-perintah dasar. Fungsi utamanya adalah sebagai sarana komunikasi antara sistem operasi dengan hardware yang terpasang pada motherboard.

2. Bus

Istilah yang menyatakan sistem aliran data yang digunakan hardware yang terpasang pada motherboard untuk berkomunikasi dengan prosesor. Satuan yang digunakan biasanya adalah frekuensi (Hertz) atau lebar bit data.

3. Clock Speed

Istilah ini digunakan untuk menyatakan kecepatan dari sebuah prosesor atau komponen lainnya. Angka clock speed didapat dari perkalian multiplier terhadap FSB. Semakin tinggi clock speed, maka semakin tinggi kinerja yang dihasilkan oleh prosesor atau komponen hardware tersebut. Satuan yang digunakan biasanya adalah megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz). Biasanya disebut juga sebagai kecepatan eksternal dari sebuah prosesor.

4. FSB

Singkatan dari Front Side Bus, yaitu bus utama yang menghubungkan antara prosesor dengan chipset motherboard. Satuan yang digunakan adalah megahertz (MHz).

5. Heatsink

Komponen yang diletakkan di atas prosesor. Fungsinya adalah menyerap panas yang dihasilkan saat prosesor bekerja. Biasanya sebuah heatsink dilengkapi sebuah kipas untuk menjaga agar suhu prosesor tetap stabil.

6. Overclocking

Suatu teknik yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja prosesor, memori, atau kartu grafis, dengan cara meningkatkan FSB atau clock speed komponen tersebut. Teknik ini memerlukan sebuah system pendingin khusus pada komponen, karena menghasilkan panas berlebih, di mana panas berlebih ini dapat merusak sistem. PC

MSI Geber Mobo baru untuk Prosesor AMD baru AM3

Produsen mobo yang cukup terkenal, MSI telah mengumumkan kedua produk mobo-nya yang dibuat untuk dapat ditanami prosesor AMD yang baru AM3. MSI seri 790FX-GD70 dan seri 790GX-G65. Kali ini mobo untuk AM3 telah mendukung DDR3. Mobo ini juga memiliki teknologi penghemat energi yang disebut Active Phase Switching (APS).

msi_790fx-gd70_1

Fitur MSI 790GX-G70 berbasis chipset AMD 790 FX dipasangkan dengan sebuah chipset Southbridge SB750. Memiliki 4 slot PCI-Express x16 yang memungkinkan untuk bekerja pada mode 2 x 16 atau 4 x 8, kemudian untuk slot memori mendukung dual channel DDR3 1333 yang dapat diupgrade sampai maksimal 16GB dalam 4 slot. MSI DrMOS, Dual Gigabit LAN, audio channel 7.1 on-board. Delapan port SATA II dan satu port eSATA, 12 port USB 2.0 dipanel belakang dan sebuah port FireWire. Wow fitur yang sangat menarik untuk gamers.

msi_790gx-g65_1

Sementara itu fitur MSI 790GX-G65 tidak kalah meski boleh dibilang type ini adalah versi murah dari mi. MSI 790GX-G65 berbasis chipset AMD 790GX dan chipset southbridge yang sama, yaitu SB750 southbridge, hanya terdapat dua port PCI-E x16 comes with four DDR3 1333 memory slots with support for up to 16GB of memory. Other specs include Gigabit LAN, five SATA II ports and one eSATA port, and the same integrated 7.1-channel audio.

Kedua mobo ini akan diluncurkan dipasaran pada 9 Februari nanti, namun informasi harga masih belum ada.

Biostar Gelar Motherboard AM3 untuk Prosesor AMD Phenom II

By Syahroni Wahyu on February 9th, 2009
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 4.20 out of 5)
Loading ... Loading ...

biostar_ta790gx_a3plus_intro

Biostar seri TA790GX A3+ ini merupakan mobo produksi Biostar yang baru saja diumumkan. Mobo AMD “Dragon Platform” pertama ini mendukung kualifikasi prosesor AMD AM3 Phenom II. Prosesor AM3 dapat mendukung memori sampai DDR3 dengan kecepatan 1600Mhz. Dipersenjatai dengan chipset Northbridge AMD 790GX, mobo ini menawarkan antarmuka grafis Dual x16 PCI-Express 2.0 yang mendukung ATI CrossFireX untuk platform gaming yang mewah biostar_ta790gx_a3plus

Spesifikasi:

* Mendukung Soket prosesor AM3 Phenom II X4/X3
* Mendukung prosesor AMD 140W
* Chipset North Bridge AMD 790GX dengan SB750
* Mendukung kartu grafis ATI Hybrid
* Mendukung teknologi ATI CrossFireX
* Dual-channel DDR3-1333/1066/800 (maks. 16GB)
* 4x Slot memori DDR3 DIMM
* Onboard 128MB DDR2 memori side-port
* 2 x Slot PCI, 2x Slot PCI-E x1 2.0, 2x Slot PCI-E x16 2.0 (CFX x8)
* 4x Port USB 2.0, 3x USB 2.0 header, 1x Port IEEE 1394a
* LAN Realtek RTL8111DL - 10/100/1000 controller
* Audio Realtek ALC888 8+2 Channel HD Audio
* Pabrikan ATX dengan dimensi mobo: 30.5cm X 24.4cm (W x L)
* Integrated HDMI/DVI interface dengan dukungan Video HDCP 1080P HD

Tambahan:

* Mendukung AMD OverDrive Utility
* Teknologi BIOSTAR G.P.U (Green Power Utility)
* Mendukung Windows XP / XP 64 / Vista / Vista 64

“Marine Cool” Motherboard Konsep Keren dari Asus

By Syahroni Wahyu on March 2nd, 2009
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 4.50 out of 5)
Loading ... Loading ...

asus-marine-cool-mobo_small
Tak hanya mobil konsep saja yang dibuat dan dipamerkan. Dalam gelaran CeBIT kali ini ASUSTek menggelar motherboard konsep. Coba lihatlah mobo keren ini para pecinta over-clocking!

ASUSTek produsen hardware kompi terkenal dari Taiwan merencanakan untuk menggelar debut motherboard konsep barunya di ajang CeBIT.
Mobo yang keren ini diberi nama Marine Cool. Mobo ini merupakan mobo level atas (high-end) yang dikatakan oleh ASUS bahwa motherboard ini “tidak seperti motherboard lain di pasaran”
Dengan all-new backplate sebagai fitur showstopping. Dikatakan bahwa fitur backplate tersebut mengusung teknologi “micro-porous ceramic”. Teknologi ini memungkinkan menguraikan panas lebih cepat daripada alternative lain yang sudah ada.

Jika Anda masih bingung, dan menggaruk-garuk kepala Anda untuk mencari tahu mengapa harus materi tersebut?dalam hal ini nampaknya sia-sia.

Teknologi baru pendingin mobo ini harus digunakan untuk menangani kondisi yang bahkan lebih ekstrim. Overclocking tanpa harus memasang kilang untuk beberapa jenis cairan nitrogen. Salah satu aspek yang lebih gila adalah keputusan untuk menyertakan dua slot SO-DIMM ditempat slot desktop-grade DIMM biasanya yang digunakan oleh PC Desktop.

Seperti yang selalu terjadi pada ASUS, tidak ada informasi harga atau tanggal kapan mobo keren ini akan di komersil-kan, tapi mudah-mudahakn kita akan mendapatkan lebih banyak dari lantai pameran CeBIT di Hannover.

gigabyte

GIGABYTE Motherboard GA-965P-DQ6 (rev. 1.0) Enlarge View
GA-965P-DQ6 (rev. 1.0)
Bookmark and Share Help
other version : rev. 3.3 rev. 2.0
Intel P965+ ICH8R chipset

1. Supports Intel® Core™2 Extreme Quad-Core / Core™2 Duo processor
2. First Quad BIOS solution for Multiple protection
3. Supports new generation Microsoft operation system Windows VISTA
4. Industry's first All-Solid capacitor motherboard design
5. Unique 0dB cooling design with Crazy Cool and Silent-Pipe
6. Quad Triple phase power design for ultimate system stability
7. Dual PCI-E graphics interface for extreme gaming performance (ATI CrossFire supported)
8. Supports high performance Dual Channel DDR2 800 memory
9. Features SATA 3Gb/s with Quad eSATA 2 interface
10. Home theater quality 8-channel High Definition Audio
11. Supports both Dolby and DTS high quality audio functions.
12. Optimized PCI-E Gigabit LAN and IEEE 1394 connection
13. Ready for next generation Quad Core processor


Related link
# Overview (RSS)
# Specification (RSS)
# Accessories
# BIOS (RSS)
# Driver (RSS)
# Manual (RSS)
# FAQ (RSS)
# Utility (RSS)
# CPU Support List
# Memory Support List
# Comparison Sheet
# Awards (RSS)
# News (RSS)
# Where To Buy


Specifications
CPU

1. Supports Intel® Core™2 Extreme Quad-Core / Core™2 Duo / Intel® Pentium® Extreme/ Intel® Pentium® D processor
2. Supports 1066/800/533 MHz FSB

Chipset

1. Northbridge: Intel® P965 Express Chipset
2. Southbridge: Intel® ICH8R
3. Gigabit LAN Controller (Marvell 8053)
4. Realtek ALC888DD 8-Channel Audio Codec

Memory

1. Supports DDR2 800/667/533 memory
2. Dual Channel architecture support up to 8GB by 4 DIMM slots

* Due to standard PC architecture, a certain amount of memory is reserved for system usage and therefore the actual memory size is less than the stated amount.
Expansion Slots

1. 2 PCI Express X16 slot(x16, x4)
2. 3 PCI Express X1 slots
3. 2 PCI slots

Form Factor

1. ATX form factor, 305 x 244mm

Internal I/O Connectors

1. 8 Serial ATA 3Gb/s connector
2. 1 UDMA ATA 100/66/33 connector
3. 1 FDD connector
4. 3 USB 2.0/1.1 connectors (support 6 ports)
5. 1 audio pin header (support 8-Channel)
6. 1 SPDIF In pin header
7. 2 IEEE1394 connector
8. 1 Chassis Intrusion connector

Back Panel Connectors

1. 4 USB 2.0/1.1 ports
2. 1 RJ45 port
3. 1 COM port
4. 1 LPT port
5. 6 audio jacks
6. 1 IEEE1394
7. 1 Optical SPDIF OUT
8. 1 Coaxial SPDIF OUT
9. PS/2 Keyboard/Mouse

BIOS

1. 1 4 Mbit flash ROM
2. Use of licensed AWARD BIOS
3. Supports Virtual Dual BIOS
4. PnP 1.0a, DMI 2.0, SM BIOS 2.3, ACPI 1.0b.

Unique Features

1. Durability Enhanced- All Solid Capacitor Motherboard
2. Silent Pipe Cooling
3. Over-clocking Enhanced

Remark

1. Due to different Linux support condition provided by chipset vendors, please download Linux driver from chipset vendors' website or 3rd party website.
2. Due to most hardware/software vendors no longer offer support for Win9X/ME. If some vendors still has Win9X/ME drivers available, we will publish on website.

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Teknologi Terbaru, Berita Komputer Terbaru,Berita Teknologi Informasi & Berita IT

cursor

FIFA.com - Latest News

Informasi Teknologi Terbaru 2010