selamatdatang di blognya mohak super.....

Selasa, 02 Februari 2010

Diposting oleh mamdhuh

Jutaan Kubik Migas Aliri Perairan Balikpapan

Selasa, 2 Februari 2010 - 15:06 wib
Amir Sarifudin - Okezone
Ilustrasi. Foto: Corbis

BALIKPAPAN - Balikpapan ternyata memiliki potensi sumur minyak dan gas (migas) di sepanjang pantai Balikpapan empat mil dari daratan. Potensi ini jika dieksploitasi terkandung jutaan kubik migas, karena di sepanjang perairan Balikpapan terdapat puluhan sumur sumber minyak dan gas.

"Secara dasar, kita punya data bahwa di Balikpapan sangat bagus dan banyak sekali sumber migas, empat mil. Ini berdasarkan riset dan seismic 2005 lalu," ungkap Ahli Geologi yang juga Kepala bagian Prasarana/Sarana Pemerintah Kota Erdy Suryanto, saat pemaparan di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (2/2/2010).

Dengan adanya ini, pihaknya akan membentuk tim untuk mempersiapkan kajian dan kelengkapan data untuk nantinya disampaikan ke Menteri Energi Sumber Daya Mineral.

"Proses cukup panjang, makanya akan disiapkan agar kita bisa sampaikan ke departemen energi," tambah Erdy yang juga mantan pekerja Chevron dan Total Indonesie ini.

Sementara Wakil Ketua Dewan Balikpapan Sukri Wahid mengaku kaget dan surprise dengan pemaparan hasil temuan yang disampaikan pihak prasarana dan sarana pemkot. Jika potensi ini dikelola akan memberikan kontribusi dana perimbangan bagi Balikpapan seperti yang selama ini diperoleh Kutai Kertanegara.

"Sekarang ini dana perimbangan dari migas kita Rp300 miliar, kalau kita miliki itu maka bisa Rp1 triliun. Selama ini saja sukar menikmati dana perimbangan sekira Rp3 triliun," terang Sukri.

Dia meminta pihak pemerintah kota Balikpapan bersama Dewan menindaklanjuti temuan yang terkesan tertutup ini, sehingga bisa memberikan kontribusi yang besar untuk pembangunan kota Balikpapan. "Kabarnya dulu ini tidak respons, sekarang kita benar-benar harus meresponsnya karena ini bagian dari hak kita," tandasnya.

Sekarang ini, di luar empat mil perairan Balikpapan, banyak berdiri rig-rig (sumur minyak) yang dikelola oleh Chevron dan Total Indonesie. Bagi hasil dari kegiatan ini diberikan kepada Provinsi dan didistribusikan kepada Kabupaten/kota yang bersangkutan.

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Teknologi Terbaru, Berita Komputer Terbaru,Berita Teknologi Informasi & Berita IT

cursor

FIFA.com - Latest News

Informasi Teknologi Terbaru 2010